Jurusan Akuntansi – Berbicara mengenai jurusan kuliah tentunya tidak jauh dari kehidupan kampus, kesesuaian dengan minat, dan juga peluang karir setelah lulus. Yang terakhir lho Brainies, kalau memang ada jurusan kuliah yang prospek kerjanya sangat luas. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di industri apa pun, dan dikenal dengan gaji yang relatif tinggi.

Apa itu Jurusan Akuntansi?

Pengertian akuntansi sendiri sudah cukup banyak dijelaskan. Namun secara umum akuntansi adalah seni mencatat, merangkum, menganalisis dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam suatu bisnis atau perusahaan. Dengan kata lain, setiap usaha atau usaha yang melibatkan keuangan, pasti membutuhkan seorang akuntan alias praktisi yang bergerak di bidang akuntansi. Daripada hanya menghitung keuntungan atau mencatat penjualan, akuntansi menunjukkan arus kas, nilai aset, dan memberitahu bagian bisnis mana yang benar-benar menghasilkan uang. Hal ini sejalan dengan tujuan akuntansi yaitu melaporkan kondisi perekonomian perusahaan sebagai dasar pengambilan keputusan. Anda akan melakukan banyak perhitungan segala sesuatunya, hingga Anda mencapai kata ajaib yang disebut Keseimbangan.

Kursus di Departemen Akuntansi dan Spesialisasi

Sekarang kita bahas apa saja yang akan dipelajari di jurusan akuntansi. Kursusnya sendiri bervariasi dari satu kampus ke kampus lainnya. Namun yang pasti pada semester pertama akan bertemu dengan Pengantar Akuntansi, Matematika Ekonomi, Statistika Ekonomi, Pengantar Bisnis, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dari banyak pendapat, ada juga yang berstereotip bahwa dari awal kuliah hingga tahun kedua, kamu akan benar-benar diuji apakah kamu bisa bertahan atau tidak di jurusan tersebut. Pasalnya, untuk bertahan hidup, Anda tidak harus sekadar belajar keras. Anda juga harus teliti, memiliki ingatan yang kuat, dan keterampilan kuantitatif. Anda juga harus memiliki setidaknya satu set satu set untuk operasi penghitungan.

Prospek Kerja Departemen Akuntansi

1. Akuntan Publik

Pertama, Anda berkesempatan menjadi akuntan publik di Kantor Akuntan Publik (KAP). Jika Anda pernah mendengar “Empat Besar”, istilah ini mengacu pada 4 kantor akuntan publik terbesar yang mencakup perusahaan dan entitas terkemuka dunia. Keempat KAP tersebut adalah Deloitte, E&Y, KPMG, dan PWC. Sudah menjadi kepercayaan umum di kalangan mahasiswa akuntansi bahwa bekerja di Big Four merupakan sebuah prestasi bergengsi bagi seorang akuntan.

2. Akuntan Pajak

Selain itu, prospek pekerjaan lain yang bisa digarap adalah sebagai akuntan pajak, baik untuk perusahaan swasta, maupun sebagai konsultan pribadi. Sesuai dengan namanya, profesi ini bertugas menghitung, menganalisis, dan merencanakan strategi perpajakan. Anda juga wajib membuat laporan dan menjaga rahasia perpajakan perusahaan.

3. Auditor

Jika Anda menyukai tantangan dan sensitif dalam mendeteksi penipuan, menjadi auditor atau pemeriksa keuangan adalah pekerjaan yang sangat menarik bagi lulusan Akuntansi. Auditor bertanggung jawab untuk meninjau, memverifikasi, dan memastikan perusahaan tidak melanggar undang-undang perpajakan.