Site icon Market SMKN1 Palangkaraya | Informasi Tentang Pendidikan Terbaru 2023

5 Tips Sukses Pembelajaran Jarak Jauh

5 Tips Sukses Pembelajaran Jarak Jauh

Tips Sukses Pembelajaran Jarak Jauh – Di tahun ajaran baru ini, banyak sekolah dan universitas maxbet login yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara online demi keselamatan dan kesehatan siswa dan tenaga pengajar. Tentu saja hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi banyak pihak. Faber-Castell ingin berbagi tips sukses dalam pembelajaran jarak jauh. Yuk, kita lihat yang satu ini.

1. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran

Sama seperti ketika kita belajar di kelas, kita harus membuat gates of olympus catatan ketika menonton pelajaran langsung atau rekaman video. Karena dengan mencatat, Anda akan mengingat pelajaran dengan lebih baik. Anda membutuhkan pulpen yang cepat kering agar Anda bisa mencatat dengan cepat. Siapkan juga pita koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penulisan. Setelah itu, rapikan catatanmu dan tandai hal-hal penting dengan Metallic Textliner.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar

Pastikan Anda duduk di kursi dan meja yang nyaman bila memungkinkan. Bacalah buku pelajaran Anda sebelum kelas dan jangan malu untuk bertanya jika Anda tidak memahami sesuatu

2. Buat obrolan grup kelas

Undang teman sekelas untuk membuat kelompok kelas baru, gunakan platform online seperti Skype atau Zoom untuk membuat kelompok belajar. Anda bisa mengerjakan tugas bersama, mendiskusikan pelajaran atau sekedar menemani satu sama lain saat mengerjakan tugas.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar, kamu juga bisa lebih mengenal teman sekelas dan menjaga hubungan persahabatan. Hal ini juga berguna agar kalian tidak merasa terisolasi dari kelas meski tidak berdekatan. Tetapkan aturan chat yang ketat agar grup tidak menjadi tempat ngobrol.

3. Aktif bertanya kepada guru dan dosen

Mungkin Anda belum pernah starlight princess 1000 bertemu langsung dengan guru dan dosennya. Tapi cobalah untuk tetap dekat saat online. Email dan ngobrol semua masalah atau kemajuan Anda. Jika Anda merasa cemas dan stres, ungkapkan secara jujur kepada guru dan dosen Anda.

Pastikan Anda tetap sopan dalam setiap interaksi. Hindari menghubungi guru pada waktu yang tidak tepat seperti setelah jam sekolah. Sabar menunggu jawaban guru. Pahami juga ketika guru dan dosen mengalami kesulitan teknis dan membutuhkan waktu untuk menjawab chat dan email Anda.

4. Melengkapi perangkat kebutuhan pembelajaran

Pembelajaran jarak jauh tentunya membutuhkan komputer atau laptop dan koneksi yang baik. Jika Anda tidak memiliki akses ini, komunikasikan dengan guru dan dosen atau pihak sekolah.

Pastikan alat tulis Anda tersedia selama jam Pembelajaran Jarak Jauh. Lengkap dengan pulpen Air Gel Pen, Textliner untuk menandai hal-hal penting dalam catatan Anda, Chameleon Correction Tape dan buku catatan. Jika tidak bisa ke toko, pesan online di Tokopedia.com/faber-castell. Selalu periksa email jadwal kelas Anda agar Anda dapat mempersiapkan diri secara maksimal.

5. Siapkan tempat belajar di rumah

Jika Anda terbiasa belajar di sekolah atau di kampus, tentu Anda akan merasa asing belajar di rumah. Cobalah beberapa trik berikut untuk membantu Anda lebih berkonsentrasi belajar.

Tentukan area belajar di mana Anda dapat duduk dengan nyaman. Jika Anda tidak memiliki meja belajar, gunakan permukaan apa saja yang bisa Anda duduki. Simpan semua yang Anda perlukan untuk belajar agar Anda tidak perlu bangun untuk mengambil sesuatu. Ada baiknya Anda menaruh semua kebutuhan belajar Anda dalam satu tas ransel berukuran besar seperti Tas Ransel Delta atau Omaga.

Jika perpustakaan sekolah tetap buka dan Anda lebih memilih belajar di sana, pastikan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan dan kebersihan yang dianjurkan dokter, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan duduk jauh dari orang lain.

Exit mobile version