Site icon Market SMKN1 Palangkaraya | Informasi Tentang Pendidikan Terbaru 2023

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pelajar

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial – Saat ini media sosial (medsos) sudah tidak asing lagi di kehidupan masyarakat. Sebab, media sosial bisa menjadi media komunikasi. Dengan media sosial, semua orang bisa terhubung dengan dunia luar dan dunia yang lebih luas. Anda bahkan bisa mendapatkan teman dari seluruh dunia. Ada banyak platform atau aplikasi media sosial yang biasa digunakan masyarakat seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, Tik Tok, LinkedIn dan lain sebagainya. Tidak hanya orang dewasa, aplikasi media sosial ini juga banyak digemari oleh kalangan remaja, bahkan anak-anak dan pelajar.

Namun, terdapat dampak negatif media sosial bagi pelajar. Namun ada juga dampak positifnya. Mengutip laman Ayo Guru Berbagi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek, berikut beberapa dampak positif dan negatif media sosial khususnya bagi pelajar.

Dampak positif media sosial bagi pelajar

1. Wawasan dan pengetahuan menjadi lebih luas

Media sosial dapat membantu pelajar di era digital saat ini. Dengan media sosial, siswa dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain, sehingga memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas.

Baca juga: 6 Hal Positif yang Dapat Anda Lakukan Untuk Meraih Kesuksesan di Masa Depan

2. Punya banyak teman

Media sosial tentunya dapat memudahkan pelajar untuk bertemu dengan siapapun yang diinginkannya tanpa harus bertemu langsung. Dari media sosial mereka bisa menciptakan komunitas-komunitas yang bermanfaat, baik komunitas diskusi maupun komunitas lainnya.

3. Dapatkan informasi yang bermanfaat

Dampak positif media sosial bagi siswa lainnya adalah siswa dapat bertukar informasi dengan siswa lainnya. Mereka akan mendapatkan informasi baru yang belum mereka dapatkan sebelumnya.

Dampak negatif media sosial bagi pelajar

1. Tidak bisa mengatur waktu

Bagi pelajar yang tidak bisa membagi waktu bermain dengan aktivitas belajar, media sosial dapat menghambat aktivitasnya sehari-hari.

2. Malas belajar

Jika siswa terlalu fokus pada media sosial, biasanya mereka akan lupa waktu belajar. Tentu saja hal ini berdampak buruk bagi siswa, karena dapat mempengaruhi pengetahuan dan prestasinya.

3. Dapat menunda waktu ibadah

Karena terlalu asyik dengan media sosial, pelajar jadi lupa waktu sholat. Untuk menghindari hal buruk, ada baiknya Anda memprioritaskan waktu untuk beribadah.

4. Anda jarang bersosialisasi

Dampak negatif media sosial bagi pelajar yang terakhir adalah pelajar menjadi jarang bersosialisasi. Hal ini terjadi karena siswa lebih menyukai media sosial sehingga bersosialisasi dengan teman disekitarnya menjadi jarang. Jika anak mengalami ketergantungan terhadap media sosial dan membuat siswa malas belajar, maka orang tua harus tegas menyikapi hal tersebut.

Sebagai seorang pelajar, Anda juga harus bisa menggunakan media sosial secara efektif dan bertanggung jawab. Selain itu, Anda juga bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial, dengan memilih media sosial mana yang baik dan membatasi diri dalam penggunaannya. Sekarang

Exit mobile version